Menumbuhkan Minat Menulis Pada Anak


Sebuah kata bijak dari Ali bin Abi Thalib r.a. “ Ikatlah Ilmu dengan Menulis”.  Ini adalah sebuah isyarat betapa pentingnya menulis. Pada akhirnya, menulis bukan hanya untuk pentingan pribadi, melaikan juga untuk kepentingan orang lain dan generasi yang akan datang.
Dalam hal pendidikan, menulis juga sangat penting untuk selalu diajarakan atau menumbuhkan minat dalam menulis pada anak sejak dini, karena dengan menulis anak akan terbiasa untuk membaca. Membaca adalah modal utama dalam menulis. Dalam hal ini penulis akan berbagi sedikit bagaimana cara menumbukan minat menulis pada anak.
Selain membangkitkan minat menulis untuk diri sendiri, para guru dan orang tua hendaknya juga mampu membangkitkan motivasi menulis kepada anak-anaknya. Berikut tips menumbuhkan minat menulis pada anak.
Pertama, Menulis itu diawali dengan banyak membaca. Jadi rangsang anak untuk untuk gemar membaca, bisa buku fiksi anak, komik atau buku-buku ilmu pengetahuan lainnya. Namun, kita bisa mengatasinya dengan meletakkan buku di tempat tidurnya. Meskipun awalnya dicuekin, namun lama kelamaan anak akan tertarik untuk membuka dan membacanya.
Kedua, seringlah mendongeng untuk anak. Selain mempererat hubungan antara orang tua dan anak, juga bisa membangkitkan minat untuk menulis.
Ketiga, berikan fasilitas berupa buku-buku cerita, dongen atau buku lain. Dari sini anak dapat mengenal beragam bacaan yang mungkin bisa membangkitkan minatnya.
Keempat, secara berkala, Seminggu sekali misalnya. Ajak anak ke toko buku, perpustakaan atau pameran buku.
Kelima, ketika anak sudah menunjukan minatnya, kita harus memberinya semangat untuk membuat sebuah tulisan. Caranya, bisa dengan memintanya untuk menuliskan apa yang telah dibaca dari sebuah buku yang di bacanya dan menulis kegiatan sehari-hari di buku hariannya. Yakinkan anak bahwa ia bisa menulis dan menyelesaikannya.
Keenam, rangsang fantasi anak. Anak kaya fantasi, semisal pergi keluar angkasa. Nah, rangsang fantasi ini dengan memintanya menuliskan di buku.
Ketujuh, ajak anak-anak pergi ketempat inspirasi seperti pantai, gunung atau pameran buku untuk merangsang indra perasanya. Ingat, penulis butuh kepekaan. Jika kepekaannya kuat, akan semakin baik untuk dunia tulis menulis.
Kedelapan, berikan latihan. Mislanya dimulai dengan memberikan 15 kata yang harus dirangkai menjadi sebuah kalimat.
Kesembilan, jangan pernah meremehkan karya anak meskipun hasil karyanya sangat jelek. Kita harus menghargainya supaya semangatnya untuk menulis tidak luntur.
Sepuluh atau terakhir, jika mungkin. Bekerja samalah dengan pihak sekolah untuk memperhatikan pelajaran mengarang dengan baik. Dengan begitu mungkin saja minat anak terhadap mengarang akan muncul.
Demikianlah 10 tips dalam menumbuhkan minat menulis pada Anak. Semoga tulisan singkat ini bisa bermanfaat bagi semua pembaca.

Sutan D. Al Murhif

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Elemen-elemen dakwah

PUISI : Rindu Rumah

CERPEN : SEMANGKOK BAKSO