UNIVERSITAS QAIROUAN (AL-QAWARIYYIN), Universitas Pertama di Dunia


Tahukah kalian bahwa Universitas pertama di dunia ternyata dipelopori oleh seorang Muslim loh. 
Ia bernama Fatimah al-Fihri. Universitas yang didirikan olehnya bernama Universitas Qairouan atau Al-Qawariyyin.

Universitas Qairouan (Al-Qarawiyyin) adalah Universitas pertama di dunia. Berdasarkan UNESCO dan the book Guinness World Records, Universitas Qairouan adalah Universitas pertama dan juga tertua yang memberikan gelar bagi para lulusannya. Universitas Qairouan didirikan oleh Fatimah al-Fihri, seorang wanita Muslim kaya yang bertekad menggunakan harta warisannya untuk pendidikan. Pada tahun 859, di kota Fes, Maroko, Fatimah mendapatkan izin dari penguasa setempat untuk mendirikan sebuah Universitas.

Hal yang dilakukan oleh Fatimah pada waktu itu adalah suatu hal yang akan mengubah wajah pendidikan di dunia selamanya. Kehadiran Universitas pertama di dunia ini mengubah wajah seluruh pendidikan tinggi di dunia. Universitas ini nantinya akan mempunyai pengaruh yang besar bagi dunia pendidikan di wilayah Timur Tengah, Eropa, dan bahkan dunia. Salah satu lulusan terbaik dari Universitas ini di kemudian hari akan membuat revolusi pendidikan dan kesarjanaan di Eropa.

Sebelum menjadi Universitas, Qairouan memiliki fungsi keagamaan yang sama dengan masjid dan madrasah-madrasah lainnya, yaitu pengajaran tentang ilmu-ilmu tradisional Islam yang menjadi landasan ajaran Islam di mana pun. Tiga bidang studi utama bagi siapa saja yang sedang mempelajari ajaran Islam adalah sebagai berikut ini: Studi Ilmu Tafsir Al-Quran, Studi Ilmu Hadis, dan Studi Ilmu Fiqh.

Namun, pada perkembangannya sekolah Qairouan juga menawarkan pelajaran non-Islam sebagai bagian dari pendidikan yang lebih luas, termasuk matematika, astronomi, astrologi, fisika, puisi, dan sastra. Inovasi ini merupakan hal yang penting bagi Qairouan untuk menjadi lebih dari sekedar sekolah keagamaan. Hal itu juga yang merupakan titik balik dalam sejarah Universitas Qairouan—dan untuk masa depan pendidikan tinggi di seluruh dunia.

Pada perkembangan lebih lanjut, pendidikan di Qairouan tidak lagi mewajibkan pelajaran agama, dalam artian non-muslim pun bisa saja sekolah di situ. Mata pelajaran pendidikan tingkat tinggi secara teknis terbuka bagi siapa saja yang memiliki keinginan untuk belajar. Pada akhirnya, yang dilakukan oleh lembaga pendidikan Qairouan terbukti menjadi momen revolusioner bagi masyarakat manusia, berkembang melampaui zamannya, dan tidak terbatas pada penduduk Afrika Utara saja, tapi merambah ke kalangan Muslim Timur Tengah yang lebih luas, Eropa, dan bahkan dunia.

Tokoh-tokoh dunia yang menjadi lulusan universitas ini diantaranya sebagai berikut.

1. Maimonides, polymath Yahudi dari zaman modern Spanyol;
2. Ibnu Khaldun, Penulis dan ahli teori dari Tunisia;
3. Hassan ibn Muhammad al-Wazzan al-Fasi, yang di dunia Barat dikenal sebagai Leo Africanus, ekspedisionis dan penulis dari suku Berber;
4. Gerbert d’Aurillac (Paus Sylvester II), Biarawan Kristen

Sumber: ganaislamika

Komentar

  1. info yang bermanfaat untuk menambah kebanggaan pada Islam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksih banyak kak. Jgn bosen main2 kesini 😁🙏🙏🙏

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Elemen-elemen dakwah

PUISI : Rindu Rumah

CERPEN : SEMANGKOK BAKSO