BERKUNJUNG KARENA ALLAH SWT.




Allah telah menjadikan rasa cinta sebagai tali yang kuat untuk mengikat persatuan kaum muslimin agar mereka dapat saling menasihati, bersabar dalam memikul beban kehidupan, dan memiliki langkah yang kuat dalam menempuh jalan yang lurus. di antara bukti cinta karena Allah adalah saling berkunjung dan berhubungan, khususnya di jaman sekaran ini yang sangat sukar untuk menemukan sahabat yang baik.

Allah melaluli lisan Nabi-Nya telah menyiapkan pahala yang besar bagi orang yang mengunjngi saudaranya karena Allah. dari Abu Hurairah, dari Rasulullah saw :  sesunggunya ada seseorang hendak mengunjungi saudaranya di desa lain. kemudian, Allah swt mengutus malaikat untuk mencegatnya dijalan. setelah malaikat itu bertemu dengannya, dia bertanya "siapa yang hendak engkau kunjungi? orang itu menjawab"  saudraku di desa ini."  malaikat itu kembali bertanya , apakah ada keuntungan yang engkau harapkan darinya? orang itu menjawab. " tidak, selain aku mencintainya karena Allah ." Malaikat itu berkata , sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu untuk memberitahukan bahwa Allah mencintaimu seperi engkau mencintai saudaramu karena-Nya. (HR. Muslim)

Atha Ibnu Abi Rabah, pernah berkata , " carilah tahu kabar saudara-saudaramu setiap tiga hari sekali, kalau mereka sakit , maka jengulah. kalau mereka sibuk, maka bantulah. dan kalau mereka lupa , maka ingatkanlah."

Imam syafi'i. pernah berjalan melewati seseorang. beliau lalu duduk dan berbincang-bincang dengannya, tanpa ada maksud untuk memperoleh kuntunga apapun. setelah mereka berpisah, beliau selalu menanyakan tentang keadaannya. apabila orang itu butuh uang , beliau memberinya. apabila orang itu sakit, beliau selalu menjenguknya.  sampai akhirny orang itu pun menjalin hubungan baik dengan beliau.- Subhanallah

Rasulullah SAW bersabda : " sebaik-baik orang di sisi Allah adalah orang yang memiliki sikap terbaik kepada temannya." (HR.Ahmad)


salam dari Dhani -salam Ukhuwah-Silaturahmi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Elemen-elemen dakwah

PUISI : Rindu Rumah

CERPEN : SEMANGKOK BAKSO