SANTRI SEHAT, INDONESIA KUAT


Sejarah telah mencatat bahwa para santri telah mewakafkan hidupnya untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Setelah Resolusi jihad yang di kemukakan oleh KH Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945 . Resolusi tersebut berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Dalam hal itu para santri juga ikut andil berjuang dan rela berkorban untuk bangsa dan negara.

Sejak ditetapkannya Hari Santri Nasional pada tanggal 22 Oktober oleh Presiden Republik Indonesia sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2015.

Dengan memperingat Hari Santri setiap tahunnya diharapkan dapat menumbuhkan rasa patriotisme di kalangan generasi bangsa Indonesia dan tidak melupakan perjuangan para kiayi dan Ulama.

Dengan begitu, para santri diharapkan dapat meneladani semangat jihad cinta tanah air.

Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2020 secara khusus mengusung tema "Santri Sehat Indonesia Kuat". Hal ini mengingat Indonesia masih diliputi pandemi Covid-19.

Isu kesehatan diangkat berdasar fakta bahwa dunia internasional, tak terkecuali Indonesia. Saat ini klaster santri pun tengah dilanda pandemi global Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Di Indonesia, di masa pandemi Covid-19 telah ditetapkan sebagai Bencana Nonalam melalui Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Keberhasilan beberapa Pesantren di Indonesia dalam melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan dampak pandemi Covid-19 menjadi bukti nyata bahwa Pesantren juga memiliki kemampuan di tengah berbagai keterbatasan fasilitas yang dimilikinya.

Tradisi kedisiplinan yang selama ini diajarkan kepada para santri, keteladanan dan sikap kehati-hatian Kiai dan Pimpinan Pesantren adalah modal utama dalam upaya pencegahan pendemi Covid-19.

Dengan tema ini diharapkan santri dapat termotivasi untuk tetap selalu menjaga kesehatannya dengan mengikuti protokol Kesehatan yang dianjurkan dan selalu menjaga jarak, sehingga santri dapat tetap sehat dan aman di pondok pesantren.

#harisantri2020
#santrikuatindonesiahebat
#indonesiamenulis
#pondokpesantren

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Elemen-elemen dakwah

PUISI : Rindu Rumah

CERPEN : SEMANGKOK BAKSO